Lora Lossy

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim incididunt ut labore, nostrud exercitation ullamco laboris.!

Angela Johny

Yorem delly dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, incididunt ut labore incididunt ut labore et dolore magna aliqua.!

Mark Clerk

Woram Losy dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. incididunt ut labore, quis nostrud exercitation ullamco laboris.!

Alex Damn

Palorm Roelm dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, incididunt ut labore sed do eiusmod tempor et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris.!

Our Blog

Function pada PHP


Pengenalan “function” pada PHP
BY PUSING85 · DECEMBER 17, 2014

Function merupakan serangkaian script/kode yang punya kegunaan khusus dan tertentu. Dengan adanya function, pemrogram dapat dipermudah karena tidak harus menulis berulang-ulang rangkaian kode script ini. Demikian juga jika terdapat kesalahan atau perbaikan pada fungsi tersebut, pemrogram hanya melakukan perbaikan pada satu tempat saja.

Function dibedakan menjadi 3, yaitu :

built-in function
user defined function(UDF)
external function
Baiklah, kita akan baca definisi masing-masing function tersebut.

1.Built-in Function

Built-in Function bisa disebut juga function bawaan karena pemrogram bisa langsung menggunakan function-function tersebut tanpa perlu membuatnya sendiri. Secara umum ada dua macam function, yaitu function yang mengembalikan sebuah hasil proses yang dilakukan kepada pemanggilnya dan fungsi yang sekedar melakukan proses tanpa harus memberikan hasil kepada pemanggilnya. Selain kedua function tersebut, ada juga function yang merupakan kombinasi dari function tersebut, yaitu function yang bisa mengembalikan hasil tetapi tidak harus ditampung hasilnya, seolah-olah merupakan fungsi yang tidak memberikan hasil. Pasti bingung ya..?? Saya juga bingung.

Macam-macam fungsi built-in di PHP dikelompokkan lagi menjadi:

fungsi untuk array
fungsi untuk matematika
fungsi untuk string dan pemrosesan teks
fungsi tanggal
dan lain-lain
Masih banyak fungsit built-in lainya yang tidak bisa disebutkan satu-satu.

2. User Defined Function

User defined function adalah function yang dibuat oleh pemrogram(programmer) dengan harapan bisa memenuhi kebutuhan/menyelesaikan masalah programmer tersebut. Biasanya karena function built-in tidak tersedia. Selain itu, tujuan pembuatan UDF adalah untuk memudahkan proses pengembangan suatu aplikasi sehingga aplikasi dapat cepat selesai

3. External Function

function external adalah daftar function yang belum diaktifkan(di-link) dalam keseluruhan modul PHP. Function-nya diletakkan pada library atau file yang terpisah dari modul PHP. Function external ini dapat diaktifkan secara otomatis dengan meregistrasikan pada file PHP.INI
Apabila ada library function yang belum diaktifkan secara otomatis, maka pemanggilannya harus didahului dengan memberikan perintah secara explisit untuk me-load library dari function external tersebut berada supaya dapat dipanggil atau digunakan oleh script PHP. Pemanggilan dengan menggunakan perintah dl(“namalibrary); contoh : dl-dynamic load.
Nama library tempat external function berbeda untuk stiap platform server web. Jika menggunakan windows maka library umumnya disimpan dalam direktori yang sejajar atau di bawah direktori PHP, file-nya diakhiri dengan *.dll(dynamic link library), sedangkan untuk lingkungan *nix(misal Apache) menggunakan file *.so(shared object).

Demikian pengenalan function-function pada PHP. Karena function built-in ada banyak sekali, kedepannya akan dibahas function-function yang sering digunakan dalam membuat sebuah program. Selain itu, akan dibahas bagaimana membuat user define function atau fungsi yang dibuat oleh programer sendiri. Semoga tulisan ini menjadi gambaran untuk melangkah ke depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Authorism Theme

Bob Olright

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.!

Karen Smith

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.!

Jessica Bankers

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.!

Johny Lora

4th one time fitness expert, wellness writer, personal trainer, group ex health coach. I am advocates of everything good in the fitness industry and of the people who make it great!

Designed By Templatezy

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.